Strategi Bisnis Berkelanjutan di masa Pandemi Covid 19
Bisnis merupakan usaha menjual barang atau jasa degan tujuan dapat memperoleh keuntungan. Bisnis juga dikenal sebagai salah satu cara memperoleh pendapatan (uang) dengan cara memenjual barang atau jasa melalui usaha sendiri tanpa perlu menjadi bawahan orang lain. Bisnis bukanlah hal baru lagi dalam perekonomian Indonesia, bisnis telah memberikan kontribusi yang begitu besar bagi pendapatan negeri ini, sehingga pada akhirnya pendapatan tersebut digunakan untuk membawa masyarakat mencapai kesejahteraan. Dewasa Ini seluruh Negara di belahan dunia menerima dampak dari virus Corona (Covid 19). Pandemik ini tentu sangat merugikan pada setiap aspek kehidupan terutama sector bisnis, yang mengalami penurunan produksi barang atau jasa, bahkan terdapat sector bisnis yang terancam bangkrut akibat dampak Covid 19. Oleh sebab itu mesti ditemukan strategi bisnis yang berkelanjutan di masa pandemic Covid 19 ini, supaya disuatu hari bila situasi seperti ini terjadi lagi, sector bisnis masih bisa bertahan dan tetap memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
![Strategi Bisnis Berkelanjutan di masa Pandemi Covid 19 strategi bisnis bagi masyarakat](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh10GT0mHfXV2rHTA8qXi1umhs8u7sffDSc7yI8TGffdEepyF0TcFHdCN5QRjCRYDjzCTq6Vq836kX6RTqr8N5w4wuq4Drb422TBmGrgAKWV1cErJAztFhX2l2HZ147o3vLQKL89mzGSJ0/s1600/Bisnis.webp)
Baca Juga: Tips Menjalankan Bisnis Dimasa Pandemi
Dalam bisnis berkelanjutan selain mengutamakan laba/keuntungan terdapat dua poin yang perlu diperhatikan yakni, dampak lingkungan dan dampak sosial (Antonius, S.E). kedua poin tersebut mesti menjadi perhatian serius untuk mengembangkan suatu bisnis yang berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga bisnis tersebut selain menciptakan keuntungan dalam jangka panjang, dapat pula menjaga kelestarian lingkungan dan ketertiban sosial secara berkelanjutan. Dalam rangka mengembangkan strategi bisnis berkelanjutan, para narasumber (Antonius, S.E , Dionesius Budi, dan Ronal Darma, S.AP) sepakat bahwa strategi bisnis berkelanjutan yang paling tepat digunakan dalam situasi Covid 19 adalah suatu bisnis berbasis Internet/Online business. Berikut beberapa langkah penerapan strategi bisnis berkelanjutan berbasis online Business yang dapat diterapkan dalam situasi Covid 19 :
1.Pengusaha dan Masyarakat mesti memahami Online Business (Dionesius Budi)
Menurut Dionesius Budi dalam bisnis yang berbasis online, hal yang perlu dan penting untuk dilakukan adalah mengetahui serta memahami bagaimana cara kerja dan alur dari transaski pada bisnis online tersebut. dalam hal ini perlu diberikan suatu pemahaman yang bersifat menyadarkan, agar pengusaha dan masyarakat benar – benar memahami bisnis online. Apabila pengusaha dan masyarakat telah memahami cara kerja bisnis online mulai dari registrasi produk, aturan transaksi dan cara memperoleh laba dalam bisnis online pada sector yang ditekuni (sector fashion atau kuliner misalnya) maka nanti proses bisinis online dipastikan dapat berjalan dengan lancar meskipun situasi seperti Covid terjadi di masa depan.
2Memiliki Bisnis Plan yang matang (Antonius, S.E)
setiap bisnis memerlukan rencana atau strategi yang matang, termasuk bisnis online yang perlu memperhatikan banyak aspek sebelum menjalankan bisnis yang ingin ditekuni. Menurut Antonius, S.E bisnis plan dalam menjalankan bisnis online mencakup pada tiga hal yakni :
- Modal artinya sebagai pengusaha harus telah mempersiapkan modal yang dibutuhkan dalam membangun usahanya, serta dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh dari modal awal yang telah di anggarkan.
- Distribusi artinya dalam bisnis online proses pengiriman atau penyaluran barang yang telah dibeli konsumen mesti menjadi perhatian pengusaha. Dalam hal ini pengusaha mesti menyiapkan jasa tranportasi pengiriman barang yang terpercaya dan bisa dipantau proses pengirimannya, supaya konsumen semakin yakin bahwa bisnis yang dijalankan benar – benar bisnis yang bebas dari penipuan.
- Transaksi atau pembayaran artinya pengusaha mesti memperhatikan metode pembayaran yang dapat dilakukan oleh konsumen saat membeli produk pada bisnis online yang dijalankan pengusaha. Dalam hal ini terdapat beberapa pilihan seperti transfer lewat Bank atau pun menggunakan metode pembayaran saat pengentaran/ Cash On Delivery (COD).
Baca Juga: Strategi mengembangkan bisnis
3.Menggunakan berbagai media sebagai alat promosi (Ronal Darma, S.AP)
Menurut Ronal Darma, S.AP salah satu strategi yang perlu diperhatikan dalam bisnis online adalah strategi promosi. Kesuksesan dalam promosi akan memberikan kesempatan lebih besar kepada pengusaha agar produk yang ditawarkan lebih dikenal oleh konsumen. Oleh sebab itu promosi mesti dilakukan secara serius dengan melibatkan atau memanfaatkan tekonologi informasi. Dalam hal ini untuk menawarkan dan mempromosikan suatu produk yang bersaing dalam bisnis Online perlu memanfaatkan berbagai platform atau panggung, seperti facebook, Instagram, Whats App, dan media sosial lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat menarik banyak konsumen melalui berbagai media promosi yang digunakan konsumen.
Comments
Post a Comment